arti penting pepohonan dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu. 
Nama:Tasya Rahma Andini
Npm:1931090203
Artikel ini dibuat unutk memenuhi Tugas UTS Islam dan Lingkungan Hidup 
Arti Penting Pepohonan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan
          Semua orang  pasti tahu apa arti penting  pohon dan tumbuhan bagi kehidupan kita, akan tetapi  banyak orang yang belom sadar apa sih sebenarnya arti penting pohon dan tumbuhan itu  bagi kehidupan kita? Tumbuhan merupakan salah satu dari klasifikasi makhluk hidup. Tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun yang memiliki fungsi sebagai media untuk menciptakan sebuah makanan dan sebagai proses berfotosintesis.
Sebagaimana Firman Allah dalam Qs.asy-syura’ara ayat 7:

كَرِيمٍ زَوْجٍ كُلِّ مِن فِيهَا أَنۢبَتْنَا كَمْ ٱلْأَرْضِ إِلَى يَرَوْا۟ أَوَلَمْ
“Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, betapa banyak Kami tumbuhkan di bumi itu berbagai macam pasangan (tumbuh-tumbuhan) yang baik?”
        Lalu,kenapa sih, Harus menjaga Pohon dan tumbuhan?
 Karna tumbuhan  dan pohon memiliki banyak manfaatnya bagi kehidupan yaitu:
1.      Mengurangi Dampak Pemanasan Global
Menanam pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global.Pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global.
2.      Sumber Oksigen
Semua makhluk bernapas membutuhkan oksigen dan pohon berfungsi sebagai penyumbang oksigen.Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2
3.      Menyerap Polusi Udara
Pohon membantu mengurangi polusi udara.Asap-asap hasil kendaraan bermotor akan langsung diserap oleh pohon dan kemudian diproses menjadi oksigen.
4.      Memperindah
Pohon membantu memperindah lingkungan sekitar.Dengan adanya pohon, membuat lingkungan sekitar menjadi sejuk dan indah, Lingkungan Menjadi Nyaman

Lingkungan yang rindang dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan. Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.
5.      Mencegah Erosi
Pohon yang memiliki akar serabut berguna untuk mencegah erosi yang menyebabkan tanah longsor. Menahan Laju Air dan Erosi Fungsi pohon lainnya adalah untuk menahan laju air Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah 60-80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan
6.      Pepohonan sebagai penghasil makanan
Ada pohon yang menghasilkan buah dan menjadi makanan bagi manusia serta hewan. Bukan hanya pohon buah, bahkan pohon biasa dengan dedaunan pun bisa menjadi makanan bagi hewan, seperti jerapah yang berleher panjang. Jadi, jika Anda merusak/memotong pohon sama saja dengan mengurangi populasi jerapah serta mahluk hidup lainnya. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah dalam QS.ABASA ayat 24-32:
Hasil gambar untuk foto qs abasa ayat 24-32
“Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. Kamilah yang telah mencurahkan air melimpah (dari langit), kemudian kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu disana kami tumbuhkan biji-bijian, dan anggur dan sayur-sayuran, dan zaitun dan pohon kurma, dan kebun-kebun yang rindang, dan buah-buahan serta rerumputan. Semua itu untuk kesenangan mu dan untuk hewan-hewan ternak mu (‘Abasa/80:24-32)”.

Jika tumbuhan dan pohon di alam semesta ini tidak dijaga,akan banyak sekali fenomena atau kejadian-kejadian buruk yang akan terjadi seperti contoh:

Penyebab dan Akibat Kebakaran Hutan di Kalimantan Hingga Sumatera
Hasil gambar untuk foto kebakaran hutan

Kebakaran hutan dan lahan meluas di Kalimantan dan Sumatera. Kejadian saat musim kemarau 2019 tersebut kembali memicu bencana asap di banyak daerah. Laporan bencana asap pun bermunculan dari Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat pada bulan ini.  Berdasar data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sampai Senin, 16 September 2019, pukul 16.00 WIB, titik panas ditemukan di Riau sebanyak 58, Jambi (62), Sumatera Selatan (115), Kalimantan Barat (384), Kalimantan Tengah (513) dan Kalimantan Selatan (178).  Jumlah titik panas atau hotspot itu menurun dibandingkan data BNPB per 15 September 2019, pukul 16.00 WIB. Pada Minggu kemarin, jumlah titik panas di Riau ada 59, Jambi (222), Sumatera Selatan (366), Kalimantan Barat (527), Kalimantan Tengah (954) dan Kalimantan Selatan (119). Sementara luas karhutla di Indonesia selama 2019, sesuai data KLHK, sudah mencapai 328.722 hektare. Dari data itu, kebakaran di Kalimantan Tengah tercatat seluas 44.769 hektare, Kalbar (25.900 ha), Kalsel (19.490 ha), Sumsel (11.826 ha), Jambi (11.022 ha) dan Riau (49.266 ha).        
 Menurut saya Hutan tidak hanya berfungsi sebagai tempat hidup satwa dan pepohonan saja. Hutan memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup semua mahluk. Kebakaran hutan yang terjadi dapat mengakibatkan berbagai kerusakan dalam aspek kehidupan. Serta dampak dari kebakaran hutan dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem dan menyebabkan banyak permasalahan. Mengikuti perbaikan yang harus dilakukan pun tidak hanya selesai dalam satu hari. Namun membutuhkan waktu perbaikan berpuluh-puluh tahun jamannya. Untuk itu keutamaan hutan harus diperhatikan oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini untuk mengantisipasi semua problem yang akan muncul setelah kerusakan hutan akibat kebakaran.
Semoga bermanfaat.Wassalamualikum warohmatullohi wabarokatu. 

Komentar